Senin, 05 Desember 2011

10. PENGERTIAN INTRANET

Intranet adalah sebuah jaringan privat ( private network ) yang menggunakan protokol - protokol internet (TCP/IP),untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang – kadang ,istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa kompenen yang membangun internet, yakni protokol internet (protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP,POP3,atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering di gunakan.

- intranet adalah memakai metode komunikasi internet dalam suatu perusahaan. Atau dengan kata lain berinternet dalam kantor sendiri.
- Intranet di perkenalkan pada akhir tahun 1995. Dari segi jangkauan intranet dapat berkerja secara luas dan maksimal seperti layaknya internet. Namun, penggunaan intranet sangat terbatas dari segi privasi dan hak akses pemakainya.

Khoe Yao Tung (1997) mengatakan bahwa intranet adalah LAN (Local Area Network) atau jaringan komputer lokal yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet. Internet dapat di ibaratkan berinternet di lingkungan lokal.

Perusaan multi nasional yang berhubungan dengan perusahaan cabang di luar negeri dapat menggunakan infrastruktur internet yang sudah terbangun. Ini berarti perusahaan tak perlu membangun atau menyewa infrastruktur dari network provider tertentu.

1. keunggulan intranet di bandingkan dengan LAN Konvensional adalah sebagai berikut:

1) Tampilan antar muka layaknya sebuah web (multimedia) pada sistem operasi, aplikasi, program maupun databasenya.
2) Memiliki fasilitas standar internet seperti browser, e-mail, search engine, chating dan FTP (file transfer protokol).
3) Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan prangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL, maupun Oracle.

2. Keuntungan menggunakan intranet antara lain :

(1) Melindungi investasi pemakai.
(2) Menghemat biaya proses bisnis dan layanan yang lebih banyak.
(3) Komunikasi antar cabang dapat di lakukan melalui e-mail yang menggunakan
Saluran telepon pulsa local.
(4) Dapat menghubungkan antar karyawan untuk saling berkomunikasi dan kolaborasi.
(5) Pemakai dapat mencari dan menemukan informasi secara mudah dari berbagai sumber kapan saja.
(6) Kombinasi antar perusahaan dapat berlangsung dengan kombinasi intranet dan internet.
(7) Dapat digunakan untuk membuat aplikasi bisnis yang bersifat interaktif yang dapat di akses secara luas oleh pemakainya dimana pun mreka berada.
(8) Komunikasi dan pertukaran informasi antar departemen dalam satu perusahaan dapat berlangsung lebih cepat dan aman tanpa dibatasi oleh waktu.
(9) Pemakai dapat mengakses semua sumber daya internet dan eksternal,tnpa belajar berbagai paket software dengan menggunakan client intranet.

Proses distribusi dan pertukaran informasi antar pemakai di dalam jaringan menjadi lebih cepat dan mudah.Perbedaan antara intranet dengan intranet terdapat dalam :
berdasarkan
intranet
internet
a. cakupan akses
lebih terbatas yaitu di dalam perusahaan atau organisasi
global yaitu seluruh dunia tak terbatas
b. cara pemakaian teknologi untuk berkomunikasi
koneksinya antar kelompok kerja atau departemen dalam perusahaan
melalui saluran telekomunikasi
c. penggunaannya
hanya orang-orang tertentu yang bekerja pada perusahaan tersebut
bebas artinya siapa saja boleh menggunakan



Sumber:LKS TIK kelasIX semester 1,new STAR,siti rohani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar