Senin, 05 Desember 2011

5. PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET

Selain ketiga perangkat utama di atas {computer,modem,saluran telepon} terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain
·         Hub/switch
Hub merupakan perangkat keras yg di gunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan.Hub dibedakan menjadi 2 yaitu,active hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya,yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yg memiliki 4 konektor yg berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada 3 konektor lain.
·         Repeater
     Repeater merupakan perangkat yg di gunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yg sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal dikirim sama dengan aslinya.

·         Bridge
     Bridge merupakan perangkat menghubungkan 2 buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama /sejenis.dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN keLAN lain.

·         Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan 2 buah LAN dengan tipe sama ,router juga bsa untuk menghubungkan 2 buah LAN dengan tipe berbeda.

Sumber: lks tik kelas 9 semester 1
 Penerbit: new star
Pengarang: siti rohani
Halaman: 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar