Senin, 05 Desember 2011

6.BERBAGAI CARA KONEKSI KE INTERNET

Untuk dapat terhubung dengan internet,kita dapat menggunakan berbagai macam cara koneksi dengan kecepatan akses yang brbeda – beda, diantaranya sebagai berikut :

1.   dial – up melalui jalur PSTN
            Dial –up melalui jalur PSTN (public Switched Telephon Network) adalah koneksi ke internet melalui jaringan Telephone regular (telephone rumah). Dial –up ini merupakan koneksi yang paling murah dan sederhana,pada umumnya di gunakan oleh orang –orang yang mengakses internet dari rumah.Biasanya komputer yang di gunakan adalah komputer tunggal (stand alone) bukan jaringan komputer.
            Koneksi secara dial –up memiliki keterbatasan bandwith (lebar saluran yang dilalui transmisi data) dengan kecepatan akses internet 56 Kbps atau bahkan lebih lambat Contoh : Telkomnet install

2.  Melalui jaringan
            Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan computer kita ke jaringan computer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus – kampus dan warnet – warnet. Sebuah komputer yg di jadikan server di hubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut
            Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepone atau antena. Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server menggunakan kartu LAN dan kabel UTP

3.   Menggunakan jaringan GPRS
             Dial –up dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) adalah koneksi menggunakan perangkat ponsel atau PDA ( Personal Data Assistan) yang berfungsi sebagai modem dan di hubungkan ke komputer melalui kabel data, infrared atau bluetooth dengan menggunakan operator ponsel sebagai ISP. Komunikasi data dan suara di lakukan dengan menggunakan gelombang radio GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps. Perhitungan tarif GPRS berdasarkan jumlah data yang di terima ( per Kilobits data), semakin banyak jumlah data yang kita terima semakin besar oula jumlah biaya yang harus kita keluarkan.
            Keunggulan dari GPRS adalah dapat mengakses internet darimana saja yang penting memiliki sebuah komputer, telepone seluler yang di lengkapi fasilitas GPRS dan sebuah SIM Card yang menyediakan layanan GPRS.kelemahannya adalah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile kita harus melakukan setting tertentu pada telepone seluler kita.

4.   Leased Line
              Leased Line adalah fasilitas line yang disewa. Untuk melakukan koneksi Leased Line kita perlu memakai TCP/IP softwarepada suatu jaringan. Biasanya dirancang oleh perusahaan untuk di jual perusahaan lain.dalam membuat fasilitas ini,diperlukan waktu,biaya dan infrastruktur yang lebih.

5.   Frame Relay
              Merupakan layanan koneksi yang memungkinkan beberapa pengguna menggunakan satu jalur trans misi pada waktu bersamaan.pad saat jalur lalu lintas komunikasi padat, penggunaan Frame relay lebih efisien dibandingkan dengan leased line khusus untuk satu pelanggan yang umumnya hanya memakai 10% sampai 20% dari kapasitas bandwith yang di sediakan.
6.  ADSL (asymmetric digital subscriber line )
              Koneksi DSL jauh lebih cepat di bandingkan koneksi dial-UP jalur PSTN. Untuk DSL konvesional, rata-rata kecepatan download antara 256 kbps sampai 8 mbps pada jarak 1,5 km dari kantor central yang di lengkapi perangkat DSLAM atau remote terminal. Untuk kecepatan upload lebih lambat yaitu 64 kpbs sampai 256 kbps dan kadang dapat pula melaju sampai 1.024 kbps. Contohnya : speedy

7.   Melalui Wi – Fi
                WiFi merupakan singkatan dari Wireles fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yang di gunakan oleh tehnologi WiFi berada pada 2,4 GHz.


Sumber LKS kelas IX semester 1
Penerbit: NEW STAR. Siti Rohani
Hal: 41 - 42

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar