Senin, 05 Desember 2011

7.MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

Komunikasi antar komputer selain bisa terjadi antara dua komputer saja, bisa juga melibatkan puluhan, ratusan atau bahkan jutaan komputer yang saling terhubung oleh suatu jaringan komunikasi. Komputer-komputer itu saling terhubung dalam suatu jaringan komunikasi yang disebut Jaringan Komputer (Computer Network). Dalam jaringan komputer terjadi pertukaran data berupa gambar, teks, audio maupun video antara komputer yang satu dengan komputer lainnya melalui media tranmisi kabel maupun tanpa kabel (wireless).
Tiap komputer, printer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan disebut node. Di dalam jaaringan komputer terdapat tiga elemen system yang harus tersedia yaitu sumber data (source), media transmisi (transmission media), dan penerima (receiver).
Berdasarkan luaas area cakupannya, jaringan komputer itu dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain :
1. Local Area Network (LAN)
          Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung perkantoran, pabrik, perusahaan dan kampus yng jaraknya tidak terlalu jauh dan dibatasi tidak lebih dari beberapa ratus meter. Contohnya adalah jaringan LAN yang digunakan oleh warnet atau game center.
Ciri-ciri dari Local Area Network (LAN) adalah :
a)     Digunakan dalam satu tempat yang jaraknya hany abeberapa meter.
b)    Komputer yang digunakan saling membagi daya satu dengan yang lain.
c)     Menggunakan sumber daya yang sama.
d)    Komputer yang digunakan dapat saling berkomunikasi.
e)     Dapat saaling bertukar informasi satu komputer dengan komputer yang lain..
Gambar jaringan LAN :


Keuntungan kita menggunakan jaringan LAN antara lain :
-         Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat
-         Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi saangat kecil sekali
-         Komunikasi antar kaaryawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat
-         Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.
2. Metropolitan Area Network (MAN)


Metropolitan  Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk meghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat untuk tujuan berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain.MAN dapat menunjang data dan suara, bahkan dapat terhubung dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah Negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemakai.
Keuntungan Jaringan WAN :
-         Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kaantor cabang
-         Komunikasi antar kantor dapaat menggunakan E-Mail & Chat
-         Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui faax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-Mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relative murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
-         Poolding Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
4. Internet
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet.
          Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan tersebut menimbulkan hubungan antar jaringan yang acap kali tidak kompatibel dan berbeda. Untuk melakukan hal tersebut maka diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan.
          Internet menggunakan protokol yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data komputer di internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan taanpa kabel atau lebih sering disebut jaringan nirkabel (wire less work) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel – kabel untuk menghubungkan komputer yang terkabung dalam satu jaringan. Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jaringan nirkabel ini merupakan solusi yang sangat tepat. Kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus berapa pada warnet tertentu.


     Sumber  : LKS TIK Kelas IX Semester I
                                                                             Penerbit : NEW STAR – Siti Rohani
                                                                                    Halaman 13-15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar