Senin, 05 Desember 2011

2. PENGERTIAN INTERNET

Internet singkatan dati interconnected networking merupakan jaringan komputer luas yg menghubungkan pemakai komputer satu dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari satu negara ke negara diseluruh dunia,dimana didalam nya terdapat berbagai aneka ragam informasi.fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan ” berselancar ” di internet.
Selain itu internet juga disebut sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saking berkomunikasi.
Network ini membentuk jaringan inter-coneksi ( inter-connected network ) yang terhubung melalui protokol TCP/IP.
Internet dapat digambarkan sebagai janringan laba-laba yang menyelimuti bumi terdiri atas titik-titik yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa komputer, notebook atau peralatan komunikasi seperti handphone PDA ( personal data assistance ). Garis berhubungan antarnode di sebut internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat oftik maupun gelombang micro ( microwave ).

Ada dua peranan internet yang sangat penting yaitu :
1.    sebagai sumber data dan informasi.
Internet menyimpan berbagai macam informasi, siapa yang terhubung dengan internet dapat mengakses informasi tersebut
2.    sarana pertukaran data dan informasi
dua komputer yang saling terhubung dengan internet dapat melakukan pertukaran informasi tanpa dibatasi jarak fisik dan dapat di lakukan secara cepet.



                                       Sumber : LKS TIK Kelas IX Semester 1
                                Penerbit  NEW STAR : Siti Rohani ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar