Senin, 05 Desember 2011

3. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Komputer yang menggunakn jaringan mempunyai manfaat lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (stand lone) . beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya jaringan komputer antara lain :
a.proses berbagi data lebih cepat (data sharing)
    dengan jaringan , proses saling berbagi data atau bertukar data sangat mudah dan cepat . misalnya kita membutuhkan data dari kom puter lain . kita dapat menkopi data tersebut melaluai komputer yang kita gunakan .
b. keamanan data lebih terjamin    
   dengan jaringan komputer, kita akan mendapatkan keamanan dalam menyimpan data . misalnya data dikopi dan disimpan didua , tiga atau lebih komputer lain  yang terkoneksi  kejaringan. Jika salah satu komputer ruysak, maka salinan data komputer yang lain masih dapat kita gunakan .
c. manajemen sumber daya (resource) lebih efisien  
    dengan jaringan komputer kita dapat terbagi sumber daya . misalnya beberapa pengguna dapat saling berbagi dan menggunakan satu bprinter dengan kualitas tinggi , dibandingkan dengan memakai printer printer berkualitas rendah dimasing masing komputer .
d. lisensi software lebih murah
  untuk jumlah pengguna yang sama , lisensi software yang digunakan oleh beberapa komputewr dalam satu jaringan harganya lebih murah jika dibandinbgkan dengan harga lisensi software untuk komputer yang berdiri sendiri
e. kemudahan berkomunikasi antar pengguna komputer
     antar penggunakomputer dalam saling bertukar pesan melalui pesan elektronik. Hal ini membuat komunikasi lebig\h efisien mna]eski diruang ter pisah .


Sumber LKs Kelas 9c Semester 1,
Penerbit New Star : Siti Rohani
Halaman 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar