Senin, 05 Desember 2011

4. SEJARAH MUNCULNYA INTERNET

Internet bermula dari kegiatan penelitian yang di lakukan oleh departemen pertahanan amerika serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research Projeck Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.Program riset ini di kenal dengan nama ARPANet.

     Dalam riset ini di rancang bagaimana bentuk jaringan,kehandalan dan berapa besar data atau informasi yang dapat di pindahkan  dari komputer satu ke komputer lain.Jaringan pertama yang di bangun menghubungkan 4 tempat yaitu UCLA(University of California Los Angeles),UCSB(University of California Santa Barbara), University of Utah dan SRI (Standford Research Intitute)
  •  Pada tahun 1965 Ted Nelson mencetuskan istilah” hypertext”
  • Pada tahun 1966 Bob Tayler dari ARPA menerima bantuan dana untuk sebuah percobaan atas jaringan yang akan menghubungkan sejumlah universitas yang mendanainya,tanpa pemerintaan resmi dan dalam kurang dari sejam Charles Herzfeld setuju untuk mendanai dan kemudian tiga tahun kemudian menjadi ARPANET..
  • Pada tahun 1967 June Lawrence Roberts menerbitkan makalah rancangan ARPANET yang pertama berjudul Multiple Computer Networks and Intercomputer Communication pada konferensi ACM.
  • Pada tahun 1968 WAN pertama yang menggunakan packet switching diuji di National Research Laboratory di Britania Raya.
  • Pada tahun 1969 kontaktor departemen pertahanan AS memasang ARPANET yaitu sebuah jaringan yang menghubungkan empat komputer di Kalifornia dan Utah.Dan Honeywell mengirimkan prototipe IMP yang pertama kepada BBN,ini merupakan versi yang telah dimodifikasi dari komputer 516 milik Honeywell.
  • Pada tanggal 2 september 1969 simpul IMP ARPANet pertama di pasang di UCLA.Dan pada tanggal 1 oktober kemudian simpul ke dua dipasang di Stanford Research Institute yang terhubung ke SDS 940 milik SRI.
  • Pada tahun 1971 pada bulan September Prosesor antarmuka terminal di pasang pada ARPANET dan memungkinkan terminal-terminal komputer terhubung secara langsung ke ARPANET untuk pertama kalinya.
  Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 komputer.ARPANet kemudian menjadi backbone internetworking untuk institusi pendidikan,penelitian,industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer.

Sumber:LKS TIK kelas IX semester 1
Penerbit NEW STAR:Siti Rohani
halaman : 5-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar